Sebagai pemilik ponsel tentu siapapun pernah mengalami permasalahan, entah itu seputar perangkat ponsel hingga penggunaan kartu SIMnya. Nah, kali ini akan diulas beberapa informasi seputar transaksi pulsa yang gagal padahal sudah ada notifikasi sukses. Adakalanya masalah ini terjadi, dimana Anda mu bkin pernah mengalami sudah bertransaksi pulsa namun jumlah pulsa tak bertambah.
Sebenarnya, ada banyak sekali alasan mengapa hal tersebut terjadi. Salah satunya bisa disebabkan oleh kegagalan distributor atau agen tempat anda membeli pulsa. Kegagalan tersebut bisa juga disebabkan oleh kesalahan Anda sendiri sebagai pelanggan. Untuknya, perlu kehati-hatian dalam mengisi pulsa agar kesalahan pengisian tersebut tidak terjadi.
Penyebab Pulsa Tidak Bertambah Padahal Sudah Dilakukan Pengisian
Sebelum membahas cara mengatasi pulsa yang gagal masuk di ponsel Anda, terlebih dahulu ada bakarnya untuk mengetahui beberapa penyebab kegagalan ini. Nah berikut ini informasi lebih lengkapnya:
Kesalahan Pada SN (Serial Number Transaksi)
Kesalahan yang pertama yang bisa menyebabkan kegagalan Pengisian pulsa adalah pelanggan tidak mendapatkan serial number pada transaksi yang dilakukan. , Biasanya informasi ini akan masuk melalui SMS jika agen pulsa atau distributor tempat Anda membeli sukses melakukan pengiriman pulsa.
Jika serial real number ini belum masuk ke ponsel anda, sebaiknya konfirmasi kepada agen mengenai hal tersebut. Nah apabila informasi tersebut tidak masuk setelah proses transaksi dilakukan, maka pulsa tidak akan berhasil terkirim. Anda juga bisa melakukan komplain kepada provider terkait permasalahan ini.
Serial Number Kembar
Kegagalan Pengisian pulsa berikutnya yang bisa terjadi dan sering kali muncul adalah serial number yang didapatkan kembar dalam beberapa kasus tidak muncul SN sama sekali. Jika Anda mendapati say real number sama dengan transaksi sebelumnya, maka Anda perlu mengkonfirmasinya ke pihak provider atau agen tempat Anda membeli pulsa.
Jika mendapati serial number kembar ini, anda bisa langsung menghubungi customer service di beberapa provider tergantung kartu SIM Anda. Berikut ini beberapa informasi link customer service:
- Customer service AXIS
- Customer service XL
- Customer service volt
- Customer service Telkomsel
- Customer service Indosat
Bagaimana Menghindari Kegagalan Pengisian Pulsa
Beberapa masalah diatas mungkin dialami oleh Anda, namun sebenarnya ini masih bisa dihindari jika Anda berhati hati dalam melakukan pembelian pulsa dan setelah proses transaksi selesai dilakukan. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan guna meminimalisir kesalahan pengisian pulsa tersebut, berikut ini informasi lebih lanjut:
Lakukan Unreg Paket Data
Cara pertama yang bisa dilakukan adalah meng unreg paket data. Berlangganan paket tertentu mengharuskan kamu melakukan pembayaran secara berkala melalui pulsa. Bisa jadi Pengisian pulsa yang dilakukan oleh agen berhasil dilakukan namun secara otomatis pulsa pada ponsel Anda akan langsung habis.
Hal tersebut sebenarnya wajar, terlebih jika Anda mengetahui ada paket data yang harus dibayarkan secara rutin. Ada baiknya untuk mengontrak paket data tersebut agar pulsa tidak terpotong otomatis saat jumlahnya mencukupi tagihan data.
Kegagalan ini tentu menjadi kesalahan pribadi dan bukan tanggung jawab dari agen atau distributor tempat Anda membeli pulsa. Untuk itu, ada bakarnya hentikan langganan jika ingin mengisi pulsa apalagi dalam jumlah yang cukup besar.
- Lakukan Cek Pulsa Secara Berkala
Cara berikut yang harus dilakukan agar pengisian pulsa berhasil dan bisa digunakan sebagai mestinya adalah mengecek pulsa secara berkala. Terdengar sepele mungkin, namun cara ini cukup ampuh untuk meminimalisir kegagalan Pengisian pulsa di setiap transaksi.
Biasanya, keterlambatan pengiriman pulsa saat transaksi bisa disebabkan oleh adanya gangguan sistem pada server. Pastikan sebelum melakukan transaksi tersebut, agen tempat Anda membeli memiliki server yang baik agar kegagalan Pengisian bisa diminimalisir.
Umumnya, keterlambatan pengiriman ini bisa terjadi 1- 30 min atau tergantung kualitas server agen saat melakukan transaksi. Biasanya pihak distributor akan memberitahukan jika ada keterlambatan dan anda bisa memilih untuk membatalkan atau menunggunya, biasanya waktu paling lama dibutuhkan bisa mencapai 24 jam hingga pulsa berhasil masuk ke ponsel Anda.
Pastikan Nomor Tujuan Benar
Hal berikut yang harus Anda perhatikan saat mengisi pulsa adalah memastikan nomor tujuan sudah disebutkan dengan benar. Salah mengucap satu digit saja bisa berakibat fatal dan pulsa bisa salah sasaran. Kasus ini paling banyak terjadi pada Pengisian pulsa secara tradisional di mana agen memasukan nomor secara manual.
Agar pulsa anda bisa sampai ke nomor tujuan, pastikan untuk mengulang kembali setelah nomor dituliskan agar transaksi bisa sukses dilakukan dan pulsa bisa digunakan sebagaimana mestinya.
Pilih Agen Terpercaya
Menghindari lebih baik daripada terlanjur gagal memilih agen pulsa. Pastikan tempat anda mau beli pulsa ini benar-benar terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus. Sebab tidak bisa dipungkiri jika saat ini ada beberapa orang yang masih melakukan kecurangan, meskipun hanya sekedar Pengisian pulsa.
Jika membelinya secara online, pastikan review atau testimoni mereka asli dan memiliki banyak followers. Namun, jika Anda membelinya di outlet konvensional, kamu bisa mencari review orang yang sudah pernah membeli atau melakukan transaksi di sana.
Tahu jika ingin lebih mudah, jangan meninggalkan tempat Pengisian pulsa tersebut hingga transaksi berhasil dilakukan dan pulsa yang dibeli sudah masuk ke dalam ponsel Anda dan bisa digunakan.
Untuk menghindari kegagalan Pengisian pulsa, anda bisa mengikuti beberapa tips dan informasi di atas dan memastikan semua tahapan sudah dilakukan dengan benar. Semoga informasinya bermanfaat ya!
Yuk Download Aplikasi Cashplus di Google Playstore Klik Disini!