Cashplus

Detail Blog

Apa Itu Tugas dan Tanggung Jawab Marketing? Simak Penjelasan Ini

15 Agustus 2023 11:55

5 menit membaca

Apa Itu  Tugas dan Tanggung Jawab Marketing? Simak Penjelasan Ini

Dalam dunia marketing, departemen yang satu ini senantiasa memainkan peran maupun tugas penting dalam mempromosikan bisnis perusahaan. Seperti halnya mengkoordinasikan dan memproduksi semua bahan yang mewakili bisnis. Itu semua sudah masuk ke dalam tugas dan tanggung jawab marketing di dalam perusahaan.

Walau setiap perusahaan memiliki bisnis berbeda-beda. Namun tidak terbayangkan, bagaimana keadaan perusahaan tersebut tanpa adanya divisi marketing. Sebab itulah, semua perusahaan selalu menyadari bahwa kehadiran departemen marketing begitu membantu dalam menyampaikan segala pesan ke seluruh klien.

Tugas dan Tanggung Jawab Marketing dalam Perusahaan

Departemen marketing memiliki peran utama dalam melayani seluruh pelanggan perusahaan, dan senantiasa menjamin kepuasaan pelanggan atas berbagai aspek. Untuk itulah, departemen ini harus membutuhkan seorang leader yang ahli dalam memainkan berbagai strategi. Agar sekiranya, keseimbangan antara demand dan supply di perusahaan tetap terjaga.

Sobat cashplus perlu tahu, bahwa mereka yang bertugas dalam departemen marketing harus coba mengidentifikasikan seperti apa kebutuhan dari para pelanggan. Apabila identifikasi ini telah berhasil, tahapan selanjutnya adalah mencari cara seperti apa memuaskannya. Nah,cara tersebut sudah pasti masuk ke dalam tugas dan tanggung jawab seorang marketing perusahaan.

Mendefinisikan 9 Tugas dan Tanggung Jawab Marketing Perusahaan

Berikut adalah kejelasan dari tugas dan tanggung jawab seorang marketing dalam memasarkan bisnisnya :

1. Tugas dan Tanggung Jawab Marketing adalah Merespons Kebutuhan Klien

Tugas dari seorang marketing tidak hanya membuat strategi dan mengeksekusinya secara langsung. Melainkan, harus bisa merespon segala kebutuhan dan keinginan dari para klien. Seperti halnya dengan memperhatikan apa yang dibutuhkan pasar, dan mengidentifikasi kemungkinan masalah yang diterima oleh klien perusahaan.

Contoh : seorang marketing bisa memberikan informasi mengenai produk yang disertai oleh layanan terbarunya. Jika sudah, maka mintalah bagian umpan balik melalui survei atau wawancara singkat. Biasanya hal tersebut dilakukan setelah perusahaan berhasil meluncurkan produk atau layanannya.

Nantinya, hasil survei tersebut akan berguna untuk membantu sobat cashplus dalam memahami perasaan pelanggan mengenai produknya. Selain itu, tugas dan tanggung jawab marketing adalah harus bisa menjalin komunikasi dengan para klien sebaik mungkin. Hal ini bertujuan demi meningkatnya angka penjualan dan keuntungan dari bisnis tersebut.

2. Job Marketing adalah Melakukan Pengelolaan Kampanye Pemasaran

Melakukan kampanye pemasaran memang telah menjadi tugas dasar bagi seorang marketing. Umumnya, marketing akan langsung mempromosikan seperti apa produk dan layanan terbaru dari perusahaan tersebut.

Dari awal keberadaannya, tim departemen marketing memang memiliki tanggung jawab di dalam mengelola masalah kampanye pemasaran serta inisiatif perusahaan. Nantinya perusahaan akan berharap penuh ke manajer pemasaran, agar bisa terbiasa dengan segala aspek proses pemasaran. Baik dimulai dari pengembangan ide menggunakan riset konsumen, sampai pada peluncuran produknya.

3. Tugas dan Tanggung Jawab Marketing adalah Mengawasi Vendor

Tanggung jawab lain bagi seorang marketing adalah mengawasi pekerjaan vendor, maupun agen dari luar perusahaannya. Memang penting bagi manajer pemasaran untuk bisa mengawasi seperti apa pekerjaan vendor. Agar nantinya, pihak tersebut tidak begitu menyimpang dari rencana yang sudah disepakati di awal ataupun gagal dalam memenuhi harapan klien.

4. Job Marketing adalah Memantau dan Mengelola Sosial Media

Sebagai seorang marketing, sobat cashplus diminta untuk bisa mendesain segala macam konten media sosial dan mengawasi setiap postingannya. Setiap anggota tim pastinya akan dituntut untuk melakukan kerjasama yang baik. Terutama sekali dalam memastikan apakah brand produk sudah terwakili dengan benar di setiap sesi.

Saat ini media sosial memang bisa diandalkan untuk para tim marketing. Seperti halnya digunakan untuk mendapat umpan balik, berbagai komentar, ide, hingga saran dari para klien. Sehingga kedepannya, perusahaan mampu mengetahui bagaimana caranya untuk meningkatkan produk dan layanan sesuai permintaan klien.

5. Tugas dan Tanggung Jawab Marketing adalah Mengawasi Tren Kompetitor

Walau sobat cashplus memiliki pekerjaan sebagai seorang marketing, bukan berarti tugas pokoknya adalah melakukan analisis dan sintesis informasi saja. Melainkan harus bisa mengawasi berbagai macam tren, seperti tren yang sedang dijalani oleh kompetitor. Untuk itu, sobat cashplus dituntut agar mampu dalam menganalisis trend terbaru yang disertai oleh aktivitas dari pihak kompetitor.

6. Marketing Harus Bisa Mengembangkan Strategi Bisnis Perusahaan

Pemasaran memiliki kesinambungan dengan pertumbuhan dari perusahaannya. Maka dari itu, marketing juga memiliki tugas penting dalam menciptakan banyak strategi. Terutama sekali strategi yang menyangkut nilai jual dari produk maupun pelayanannya.

Sebisa mungkin, seorang marketing harus memiliki komunikasi yang baik ke sesama tim. Agar setiap perencanaan atau strategi dapat berjalan lancar.

7. Tugas dan Tanggung Jawab Marketing adalah Mendefinisikan dan Mengelola Brand Perusahaan

Bukan hanya tugas, seorang marketing juga memiliki tanggung jawab di dalam mendefinisikan seperti apa citra brand dari perusahaannya. Departemen marketing yang dinilai efektif adalah mereka yang memiliki rencana terperinci. Misalnya dengan menguraikan seperti apa tampilan dari brand perusahaan di medsos, website, dan lain sebagainya.

8. Mampu Menjalankan Riset Klien di Pasar

Tugas lainnya yang dipikul oleh seorang marketing ialah menjalankan suatu riset secara langsung di pasar. Itu semua dengan tujuan agar perusahaan bisa memahami seperti apa target audience pasarnya, kompetitornya, hingga pasar pada umumnya. Sebisa mungkin sebagai seorang marketing, sobat cashplus harus mampu mengidentifikasikan kebutuhan klien. Memahami seperti apa keinginan klien, dan seberapa baiknya produk tersebut bagi mereka.

9. Memproduksi Seluruh Materi Pemasaran Hingga Promosi Pasar

Departemen marketing umumnya memiliki tanggung jawab dalam membuat, hingga mendistribusikan materi promosi produk perusahaannya. Selain itu, sobat cashplus juga turut serta dalam membuat banyak barang promosi atau dikenal sebagai merchandise. Seperti pena, buku note, cangkir, botol, dan lain sebagainya. Tidak lupa setiap merchandise harus diisi oleh penggunaan logo perusahaan.

Dengan mengetahui tugas dan tanggung jawab marketing, mungkin saja sobat cashplus menjadi tertarik untuk membuat rencana tersendiri bagi departemen tersebut. Jika benar, maka yang perlu sobat cashplus perhatikan selain melakukan strategi yang baik adalah dengan melakukan pengelolaan uang sesuai standar.

Yuk Download Aplikasi Cashplus di Google Playstore Klik Disini!

Apa Itu Token Listrik dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Token Listrik dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pernahkah Anda membeli pulsa listrik, lalu mendapatkan deretan angka sepanjang 20 digit dan diminta untuk memasukkannya ke meteran? Nah, itulah yang disebut den....

15 April 2025 12:35

5 menit membaca

Cara Mengatasi Meteran Listrik Prabayar yang Error

Cara Mengatasi Meteran Listrik Prabayar yang Error

Pernahkah Anda mengalami situasi seperti ini: Anda baru saja membeli token listrik, tapi setelah dimasukkan ke meteran, muncul tulisan **"gagal"**, **"error"**,....

14 April 2025 18:08

5 menit membaca

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membeli Kuota Internet

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membeli Kuota Internet

Kuota internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Untuk bekerja, belajar, mencari hiburan, bahkan memesan makanan semuanya membutuhkan kon....

14 April 2025 17:40

5 menit membaca