Telkomsel merupakan salah satu provider di Indonesia dan menempati posisi pertama paling banyak digunakan sesuai dengan hasil riset dari Populix pada 2022 lalu dengan persentase 46%. Bukan tanpa alasan, jaringannya yang luas dan menjangkau banyak wilayah menjadi salah satu penyebabnya.
Sama seperti kartu pada umumnya, kartu Telkomsel juga memiliki masa aktif yang harus terus diperpanjang baik dengan cara pengisian pulsa maupun paket data. Jika kartu tersebut sampai mati maka akan membuat Anda tidak bisa lagi menggunakan kartu tersebut, baik untuk telepon, kirim SMS, akses internet dan lainnya.
Namun, bagaimana jika kartu tersebut sudah terlanjur tidak aktif atau melewati masa tenggang? Adakah cara yang bisa dilakukan agar kartu tersebut bisa kembali digunakan? Yup, Telkomsel memberikan beberapa cara yang dapat dilakukan oleh penggunanya jika ingin mengaktifkan kembali kartu yang sudah mati tersebut.
Cara Mengaktifkan Kembali Kartu Telkomsel Yang Mati
Anda mungkin memiliki nomor Telkomsel yang sudah lama Anda gunakan namun mati atau nonaktif karena tidak melakukan pengisian pulsa atau data dalam waktu tertentu. Memang bisa menggantinya dengan nomor yang baru, namun nomor lama yang sudah dimiliki oleh orang terdekat, teman, rekan kerja atau digunakan untuk daftar pada aplikasi tertentu tentu akan lebih dipilih.
Jika Anda sedang menghadapi masalah nomor Telkomsel mati, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengaktifkannya kembali. Namun sebelum itu, untuk mengaktifkannya, terdapat beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan, yaitu :
- Kartu Tanda Penduduk
- Kartu keluarga
- 5 Nomor terakhir yang Anda hubungi dengan SIM Card tersebut
- Kartu SIM fisik yang ingin Anda aktifkan
Setelah mengetahui persyaratannya, berikut ini 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan kembali nomor Telkomsel Anda, yaitu mengunjungi GraPARI, melalui USSD, dan menghubungi E-Care Telkomsel.
1. Mengunjungi GraPARI Terdekat
Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengunjungi GraPARI terdekat. GraPARI sendiri adalah pusat pelayanan pelanggan Telkomsel yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan di manca Negara. Kehadiran GraPARI ini berfungsi menyediakan pelayanan mengenai produk yang dimiliki, misalnya beli sim card baru, ganti atau migrasi kartu, daftar Telkomsel prabayar, beli modem, aktifkan kembali kartu yang mati, dan lain-lain.
Untuk mengaktifkan kembali kartu yang mati Anda bisa ke GraPARI terdekat dengan membawa KTP, KK, fisik kartu yang ingin diaktifkan, dan sejumlah uang. Sebenarnya, Telkomsel sudah memberitahukan bahwa aktivasi kartu di GraPARI tidak dipungut biaya, namun Anda wajib melakukan pembelian pulsa atau aktivasi paket data sesuai dengan nominal yang disebutkan oleh pihak GraPARI.
Aktivasi kartu di GraPARI tidak bisa diwakilkan atau harus datang sendiri dengan membawa yang sudah disebutkan sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya.
- Datang ke GraPARI terdekat dengan membawa dokumen yang diminta
- Ambil nomor antrian
- Tunggu hingga nomor Anda disebut
- Setelah sampai giliran, Anda bisa langsung ke customer service (CS) terkait
- Jawab yang CS tanyakan dan serahkan dokumen yang diminta
- Biasanya, jika nomor yang Anda ingin aktifkan ternyata terdaftar atas nama orang lain, maka Anda perlu menyiapkan 5 nomor terakhir yang Anda hubungi dengan nomor tersebut sebagai validasi dan Anda akan diminta menyiapkan materai Rp10.000
- Setelah semua dokumen terverifikasi.
- Nomor Anda akan diaktifkan.
- Anda akan diminta untuk melakukan pembelian pulsa atau paket data untuk melanjutkan proses pengaktifan kartu.
- Nomor Anda sudah aktif dan bisa digunakan kembali untuk semua aktivitas yang berkaitan dengan kartu tersebut.
2. Melalui USSD
Selanjutnya, Anda bisa melakukan aktivasi kembali nomor Telkomsel Anda yang sudah mati dengan menghubungi USSD di *888*89#. Adapun langkahnya sebagai berikut.
- Siapkan dokumen yang dibutuhkan, yaitu KTP, KK dan kartu fisik nomor yang ingin Anda aktifkan.
- Setelah semuanya siap, masuk ke aplikasi telepon dan hubungi *888*89#
- Pilih opsi 1 yaitu aktivasi kartu
- Pilih opsi 1 atau setuju untuk menyetujui semua persyaratan yang diberikan.
- Masukkan nomor KTP dan KK yang Anda gunakan untuk mendaftar sebelumnya.
- Tunggu beberapa saat hingga Anda menerima SMS pemberitahuan apakah nomor Anda bisa diaktifkan kembali atau tidak.
3. Melalui Telkomsel E-Care
Cara ketiga yang dapat Anda lakukan yaitu melalui Telkomsel E-Care. Anda bisa menghubunginya dengan mendatangi personal sosial media yaitu twitter atau instagram lalu mengirimkan pesan. Adapun langkah-langkahnya secara rinci yaitu :
- Siapkan KTP dan KK yang Anda gunakan sebelumnya untuk registrasi, serta kartu fisiknya
- Hubungi CS Telkomsel melalui pesan langsung ke akun twitter atau instagramnya dengan mengetik pesan “reaktivasi prepaid”
- Tunggu hingga pihak Telkomsel mengirimkan tautan tertentu
- Unggah dokumen yang diminta dan tunggu beberapa saat.
- Jika sudah, Anda akan tersambung ke video call dengan CS Telkomsel sebagai bentuk validasi data yang Anda masukkan.
- Setelah semua proses sudah selesai, tunggu hingga nomor Anda aktif kembali
Itulah 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati. Oh iya, memang lebih baik mengaktifkan kembali nomor lama yang sudah mati dalam jangka waktu tertentu, apalagi jika nomor tersebut tertaut dengan akun perbankan Anda. Sebab, provider diperbolehkan mendaur ulang nomor sim card yang sudah mati sesuai dengan hukum di Negara kita. Tentunya ini akan berbahaya untuk privasi Anda.
Yuk Download Aplikasi Cashplus di Google Playstore Klik Disini!