Instagram adalah salah satu media sosial yang populer digunakan saat ini. Platform ini sering dijadikan sebagai media promosi dan sarana membangun branding baik itu untuk pribadi maupun bisnis. Bukan tanpa alasan, Instagram memiliki engagement yang tinggi sehingga bisa meningkatkan jangkauan konten yang diposting.
Dilansir dari Brainwatch, engagements audience Instagram dengan brand 10 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan Facebook, 54 kali lebih tinggi dibandingkan Pinterest, serta 84 kali lebih tinggi dibandingkan Twitter.
Lantas mengapa engagement itu penting? Engagement rate adalah metrik dasar yang digunakan pada pemasaran media sosial untuk menilai kinerja sebuah konten pada platform yang digunakan. Ukuran ini bisa memberikan informasi terhadap keterlibatan audiens dengan postingan yang diunggah. Yang mana jika konten yang di unggah mendapatkan banyak perhatian dari followers tentu saja pengetahuan pun terhadap brand terkait akan meningkat.
Untuk meningkatkan engagement rate Instagram, Anda bisa melakukan beberapa hal, salah satunya dengan memperhatikan konten yang akan diupload. Jika penasaran dengan ide konten yang bisa meningkatkan engagement tersebut Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi sebab akan dibahas beberapa ide konten Instagram yang bisa meningkatkan engagement rate akun Anda.
8 Ide Konten Instagram Untuk Tingkatkan Engagement Instagram
Berikut ini beberapa contoh ide konten Instagram yang bisa Anda jadikan pilihan agar engagement rate bisa meningkat:
- Konten perbandingan
Ide konten yang pertama yang bisa Anda coba adalah konten perbandingan. Jenis konten ini anda membandingkan dua hal dalam postingan yang anda unggah titik misalnya bisnis anda bergerak di bidang teknologi anda bisa membandingkan antara Android dan iOS.
Anda bisa menyajikan kelebihan dan kekurangan masing-masing dari dua hal yang anda bandingkan titik Hal ini akan membantu audience untuk bisa menentukan akan memilih yang mana dari keduanya.
- Ucapan hari-hari penting
Ide konten selanjutnya adalah ucapan hari-hari peringatan. Anda bisa melihat melalui kalender terkait peringatan hari besar di Indonesia maupun peringatan penting yang berlaku secara global.
Mengapa ide konten ini bisa meningkatkan engagement? Karena orang-orang yang ingin turut merayakan bisa menggunakan postingan anda untuk di share melalui Instagram pribadi mereka. Dengan begitu, akan lebih banyak audience yang melihat postingan tersebut.
- Tips and trik
Ide konten lainnya yaitu terkait tips and trik tentang sesuatu. Anda bisa menyesuaikan dengan jenis bisnis yang Anda jalankan, misalnya bisnis yang dijalankan bergerak di bidang sablon maka anda bisa membuat postingan terkait tips untuk menjaga pakaian agar tidak rusak. Jenis konten ini banyak dipakai oleh perusahaan maupun bisnis untuk meningkatkan interaksi dengan calon konsumen.
- Q and A
Ide konten Instagram untuk meningkatkan engagement rate lainnya adalah konten terkait QnA. Anda bisa memberikan kesempatan kepada para audiens baik melalui postingan di beranda maupun postingan Story untuk bertanya, kemudian Anda bisa menjawab satu persatu pertanyaan tersebut. Melalui konten ini jalan konsumen bisa mengenal Anda lebih dekat ataupun bisnis yang Anda jalankan.
- Mengikuti tren
Konten selanjutnya adalah konten yang mengikuti trend saat ini. Sebagai pengolah akun Instagram, Anda perlu jeli melihat apa yang sedang trend, misalnya musik, dance, dan lainnya. Dengan begitu postingan Anda akan sejalan dengan apa yang ingin dilihat oleh para audience.
Dalam Business 2 community dikatakan bahwa konten yang mengikut mengikuti trend dipastikan bisa menarik perhatian audiens. Namun, meski begitu anda perlu memilah-milah tren Apa yang perlu dan tidak perlu untuk.
- Giveaway
Selanjutnya adalah membuat giveaway. Kontennya satu ini bertujuan untuk menarik perhatian audiens dengan memberikan hadiah dan syarat tertentu yang harus mereka lakukan.
Content giveaway biasa disebut sebagai cara promosi hemat biaya. Giveaway menjadi teknik marketing yang biasa digunakan oleh penjual untuk meningkatkan interaksi dengan audience.
Anda bisa memberikan syarat untuk mengikuti giveaway tersebut, misalnya menandai teman di kolom komentar, membagikan postingan tersebut di IG Story, mengikuti akun Anda, dan syarat lainnya. Dengan begitu, orang-orang yang mengikuti giveaway bisa menjadi perantara agar teman atau kenalan mereka bisa mengetahui akun ataupun bisnis anda.
- Share reel
Ide konten selanjutnya adalah membagikan postingan melalui reals. Reals ini adalah salah satu jenis postingan Instagram yang bisa menjangkau lebih banyak orang. Jika anda memposting di beranda, maka postingan tersebut hanya akan lewat di beranda orang yang mengikuti akun Anda.
Tetapi jika mempostingnya di Instagram real, postingan tersebut bisa lewat di beranda reel orang yang tidak mengikuti akun Anda. Hal ini tentu membuat jangkauan konten anda akan menjadi lebih luas.
- Konten pertanyaan
Jenis konten selanjutnya adalah konten yang berisi pertanyaan titik Anda bisa membuat postingan yang memberikan pertanyaan kepada para audiens. Misalnya melalui IG Story sudah ada fitur pertanyaan yang bisa anda manfaatkan terdapat kolom pertanyaan yang bisa anda tambahkan di Story tersebut dan membuat audiens yang melihat Story tersebut bisa meninggalkan jawaban sesuai dengan pertanyaan yang anda ajukan.
Adapun jika melalui postingan defeat, anda bisa memberikan pertanyaan melalui caption postingan tersebut. Hal ini bisa membuat para audiens meninggalkan jawaban di kolom komentar. Dengan begitu, interaksi audience dengan akun Anda akan lebih besar sehingga meningkatkan engagement rate akun tersebut.
Itulah beberapa ide konten Instagram yang bisa meningkatkan engagement. Ide mana yang akan anda gunakan?
Yuk Download Aplikasi Cashplus di Google Playstore Klik Disini!