Pentingnya Brand Voice untuk Bisnis Anda
Banyak sekali istilah dalam bisnis yang perlu yang perlu Anda ketahui, salah satunya terkait brand voice. Beberapa orang istilah ini sudah sangat familiar, karena sangat erat kaitannya dengan branding atau promosi. Selain tujuannya untuk membangun brand awareness serta menarik minat masyarakat untuk membeli.
Bisnis tanpa promosi adalah sesuatu yang mustahil untuk berjalan. Bagaikan tubuh manusia, branding merupakan nyawa dari sebuah bisnis. Keduanya haruslah direncanakan secara matang karena sebaik apapun produk atau jasa yang anda jual, jika brain anda tidak dikenal maka tentu akan kesulitan untuk menemukan pembeli yang membutuhkan barang atau jasa tersebut.
Sekarang ini, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk promosi. Namun sebelumnya, melalui cara promosi apapun sebenarnya yang harus pertama kali Anda lakukan adalah memperkuat branding. Caranya, dengan menentukan identitas yang kuat guna mewakili bisnis atau brain anda.
Apa Brand Voice Itu?
Laporan voice belakangan tengah marak dilakukan. Promosi semacam ini sebenarnya sudah dari dulu dilakukan namun beberapa orang tidak sadar jika hal tersebut termasuk merek suara. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan kalimat “Seleraku!” Atau “Jagonya Ayam”? Mendengar kata tersebut Mungkin anda sudah tahu betul brand apa yang menggunakan jargon tersebut.
Saking seringnya berseliweran di iklan tv, radio, koran, membuat beberapa orang bahkan sudah hafal mati dengan slogan yang digunakan oleh brand tadi. Ini salah satu contoh suksesnya penerapan strategi brand voice. Yap, istilah satu ini mengacu pada promosi melalui jargon atau slogan yang sudah ditentukan sebelum promosi dilakukan.
cara sederhana, brand voice merupakan alat untuk berkomunikasi dengan pembeli dengan menggunakan gaya komunikasi yang tergolong unik. Meski sangat simpel, namun slogan tersebut melekat dipikiran dan juga hati pembelinya.
Brand voice bisa dilakukan melalui gaya komunikasi apapun, selama didalamnya terkandung karakter dan nilai yang khas dari produk Anda. Apalagi dengan mengikuti yang sedang tren sekarang, anda bisa mengkomunikasikan produk kepada pembeli dengan gaya komunikasi yang lucu, menghibur, atau bahkan sedikit hiperbola.
Sama halnya ketika Anda berkomunikasi dengan orang lain, tentu kenalan anda tersebut mengenali suara khas sebagai salah satu ciri pada diri Anda.
Dengan begitu, brand voice menjadi strategi promosi terbaik saat ini karena dengan gaya seperti itu bisa disesuaikan dengan karakteristik konsumen dan jenis bisnis apa yang dijalankan.
Pentingkah Brand Voice untuk Bisnis?
Setelah mengetahui pengertian dari brand voice dan penerapan nya bagaimana, tentu anda sudah menyadari betapa penting strategi satu ini eloo. Terlebih di zaman serba digital seperti sekarang, di mana ciri khas sangat dibutuhkan agar bisnis yang Anda jalankan bisa terus berkembang dan bertahan di tengah banyaknya pesaing yang bermunculan.
Tentunya, setiap pelaku usaha mencoba memberikan yang terbaik, unik, serta beda dari yang lain agar bisa menarik pelanggan. Contoh kecilnya, ketika anda sedang berbelanja di pasar yang sedang ramai. Fokus Anda pasti tertuju pada pedagang yang menawarkan barangnya secara dan disertai pengeras suara. Sebenarnya penjual semacam ini sudah tahu strategi yang pas untuk berjualan di tempat ramai.
Untuk bersaing, Anda juga harus menciptakan brand voice yang unik dan pernah digunakan bisa berupa hiburan, uni, bersifat intelektual atau memberi pengetahuan, atau yang sedikit berlebihan. Meskipun di kemudian hari akan banyak sekali barang dan produk yang sama bermunculan, produk anda akan tetap dikenal karena sudah memiliki brand awareness sejak dulu.
Apa Saja Manfaat Brand Voice?
Lalu, apa saja manfaat dari brand voice untuk kelangsungan bisnis? Secara detail akan dibahas melalui poin berikut:
Meningkatkan Penjualan
Untuk manfaat yang pertama tentunya bisa meningkatkan penjualan. Namanya juga promosi, dampaknya pasti brain akan lebih dikenal oleh masyarakat. Sebanyak apapun pesaing dengan produk dan jasa serupa, jika brand voice anda menarik maka konsumen akan tetap mengingatnya.
Setelah brand voice yang ketika pelanggan membutuhkan produk tertentu, maka ia akan langsung mengingat bisnis Anda.
Membangun Persona Bisnis
Saat selanjutnya dari penggunaan brain voice yakni membentuk personal bisnis di hati dan pikiran pembeli. Strategi dan komunikasi yang unik dan beda dari yang lain bisa mempersonalisasi kan bisnis anda kepada calon pembeli. Buatlah usaha anda terlihat modern, dan profesional di bidangnya.
Membangun Emosi dengan Pelanggan
Brand voice yang baik mampu menghubungkan pelanggan dengan anda secara emosi. Maksudnya, gunakan slogan yang mampu mendorong emosi atau perasaan pelanggan untuk membeli. Usahakan menimbulkan rasa penasaran pelanggan terhadap produk anda melalui slogan yang sedikit hiperbola.
Tips Menggunakan Brand Voice secara Tepat
Meski memiliki banyak manfaat untuk kepentingan bisnis dan promosi, Anda harus mengetahui cara menggunakan nya secara tepat. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan, berikut penjelasannya:
- Kenali produk. Caranya dengan menggunakan kelebihan dan keunikan produk sebagai salah satu dasar menentukan jargon yang tepat. Gunakan kata-kata yang unik, namun tetap menggambarkan keseluruhan produk yang dijual
- Kenali pelanggan Anda. Gunanya agar bisa menentukan komunikasi seperti apa yang akan digunakan. Apakah formal, santai, yang menghibur, dan lain sebagainya. Tapi pastikan penggunaan kata yang digunakan itu mudah di pahami
- Pilih media terbaik yang akan digunakan untuk promosi brand voice produk Anda. Jika menggunakan media visual, pastikan tata letak jargon ada jelas dan bisa dibaca secara sempurna.
- Tentukan nada serta intonasi dari jargon produk. Ini akan mempengaruhi daya ingat pelanggan saat melihat iklan brand voice produk Anda.
Nah, itulah beberapa informasi terkait pentingnya strategi pemasaran melalui brand voice. Namun pastikan tetap menggunakan strategi lainnya guna mendukung penjualan semakin maksimal.
Yuk Download Aplikasi Cashplus di Google Playstore Klik Disini!